5 tips penting saat ingin membeli laptop

Jaman memang sudah berkembang pesat dan didasari oleh teknologi gadget yang satu ini. Yaitu, laptop. Mungkin beberapa diantara kita ada yang sudah memilikinya. Namun untuk kamu yang belum punya dan ingin membeli laptop, cocok banget nih baca artikel yang ini. Disini Mabro mau share tentang tips yang wajib kamu ketahui jika ingin membeli laptop yang berkualitas dan tidak mengecewakan. Apa aja...?

6 Tips Penting Saat Akan Membeli Laptop

1. Merk Laptop (Brand)

Merk laptop bisa menjadi acuan utama saat kita ingin membeli sebuah laptop. Kenapa? Karena merk mempengaruhi keseluruhan. Mulai dari kuliatas performa, inovasi, desain, dan banyak lagi. Dari tahun ke tahun, brand brand terkenal yang memproduksi gadget ini terus bersaing dengan inovasi terbaru untuk para penggunanya, dan perlu kalian ketahui juga bahwa setiap tahunnya laptop terbaik tidak selalu dijuarai oleh satu brand/merk. Lalu bagaimana kita bisa mengetahui merk terbaik untuk saat ini? Tenang gengs, Mabro udah nyiapin nih grafik merk untuk laptop terbaik dari tahun ketahun

Grafik Brand
.
Untuk saat ini, 2017. Lenovo unggul dan berhasil menjatuhkan salah brand monster yaitu Apple yang tahun lalu unggul dengan MacbookPro nya. Dari total invoasi dan jumlah review yang ada, Lenovo berhasil mendapatkan skor 90/100, Amazing!
Nah berarti untuk tahun ini kamu udah tau dong merk apa yang bagus dan bisa jadi salah satu pilihan kamu?

Baca Juga : Top Five! 5 Laptop Terbaik 2017

2. Desain/Model

Selain merk, desain laptop juga penting banget nih untuk diperhatikan. Apalagi untuk saat ini muncul beberapa laptop dengan model Hybrid / 2 in 1 (Two in One). Model laptop ini sangat digemari karena kita bisa memisah layar dengan keyboardnya yang menjadikannya terlihat seperti tablet. Dan selain dilepas, umumnya untuk model hybrid ini juga memiliki engsel 360 derajat agar bisa dilipat. Selain model hybrid pastikan juga bahwa model yang ingin kita beli itu tentunya slim/ramping. Model slim ini sangat recommended dan berguna bagi kita yang sering bepergian membawa laptop agar tidak memakan ruang fisik dan tentunya lebih ringan.

Microsoft Surface Book i7


Salah satu laptop dengan model hybrid yang masuk ke 5 besar laptop hybrid terbaik tahun ini yaitu Microsoft Surface Book i7. Buat kamu yg penasaran sama laptop hybrid, bisa deh cobain laptop yg satu ini. Tapi khusus yg punya budget unlimited aja yaa karena laptop ini dibandrol dengan harga sekitar $2,500 USD atau kurang lebih 30 Jutaan. Amazing!

Namun tentu semua kembali lagi pada kebutuhan kita, kalo kamu butuh jenis laptop yang portable mungkin hybrid bisa menjadi pilihan. Selain hybrid, kita juga bisa memilih laptop konvensional, yaitu laptop standar namun tetap slim.

3. Ketahanan Baterai

Ketahanan baterai biasanya terlupakan oleh sebagian orang saat ingin membeli laptop, ketahanan baterai ini sangat penting sebetulnya... Apalagi untuk orang kantor atas mahasiswa, karena akan lebih sering menggunakan laptop diluar rumah. 

tips memilih baterai laptop

Lalu bagaimana cara mengetahui ketahanan baterai laptop? Umumnya untuk sebuah laptop baru (dengan baterai Li - Ion) mampu bertahan hingga 4 - 6 jam dengan pemakaian maksimal. Tapi untuk memastikannya agar lebih akurat, kamu bisa mencoba mengisi daya hingga 100% lalu gunakan dengan maksimal. Misal, memutar video/musik dan browsing. Namun jika outlet/toko yang kamu kunjungi tidak memungkinkan kamu untuk melakukan hal tersebut. Kamu bisa meminta demo unit atau bisa juga melihat review - review yg tersedia di internet.

4. Konektivitas

Jaman sekarang ya pasti hampir semua butuh koneksi. Terutama pada laptop, tidak hanya wireless. konektivitas yang harus kita perhatikan adalah kelengkapannya. Seperti port USB misalnya, jujur ini pengalaman pribadi Mabro saat menggunakan salah laptop merek As*s. Dimana USB port hanya tersedia 2 slot, yang membuat kesal dari minimnya slot USB adalah saat MaBro sedang terhubung dengan modem lalu ingin menghubungkan flash drive, mau tidak mau MaBro harus mencabut modem terlebih dahulu agar bisa menggunakan flash drive, karena pada merk laptop tersebut kedua slot USBnya saling berdekatan/berdempetan. Untuk menghindari hal tersebut, MaBro merekomendasikan untuk memilih laptop yang setidaknya memiliki USB port paling sedikit 3 slot.

Konektivitas Laptop

Tidak hanya USB port, beberapa slot lainnya juga sangat berguna, contohnya HDMI port/VGA, SDCard, Audio Jack, dan LAN. Pastikan semua kelengkapan konektivitas tersebut tersedia pada laptop yg akan kita beli.

5. Performa Kinerja

Setelah selesai mengecek bagian luar, kita mulai mengecek bagian dalamnya. Yaitu performa kinerja, misalnya Prosesor, RAM, Hard Drive, dan OS (Operating System). Semua hal ini sangat sangat penting dalam memilih laptop. Misalnya untuk prosesor, prosesor adalah otak dari sebuah laptop, jadi mau tidak mau kita harus bisa memilih otak yang cerdas, dan tentunya mampu bekerja dengan maksimal, untuk standar laptop yang cukup baik umumnya memiliki kekuatan/kecepatan sekitar 2.5Ghz namun untuk kamu yang ingin memiliki laptop super, bisa mencari laptop dengan kekuatan lebih dari 3.0Ghz. Seperti prosesor terbaik yg dirilis oleh Intel adalah prosesor Core i7 yang mampu bekerja dengan tenaga hingga 3.5Ghz.

Prosesor tentunya tidak bisa bekerja sendirian, diperlukan juga RAM atau memory, memory ini berguna untuk penyimpanan data sementara saat kita sedang membuka sebuah program/aplikasi. Laptop standar untuk perkantoran biasanya hanya memiliki RAM sekitar 1GB - 4GB, pastikan laptop yg akan kamu beli memiliki RAM dengan angka tersebut. Namun untuk kamu yang hobi game, bisa mencoba laptop yang memiliki RAM diatas 4GB untuk performa yang lebih maksimal.

Jangan lupa juga dengan Hard Drive. Dari pengalaman MaBro, pernah sempat menggunakan laptop dengan hard drive 250GB, ternyata dengan kapasitas sebesar itu kinerja laptop tidak maksimal apalagi kalau hard drive sudah hampir mencapai batasnya. Maka sedikit saran pilihlah laptop dengan kapasitas cukup besar mungkin 500GB atau lebih.

Sedangkan yang terakhir yaitu Operating System/Sistem Operasi. Mungkin untuk kamu yang sudah paham dan bisa menginstall sendiri sistem operasi bukanlah sebuah masalah. Tapi untuk kamu yg masih awam dalam dunia teknologi, harus pintar juga memilih sistem operasi yang bagus agar tidak kecewa dan mengeluarkan uang lagi nantinya. Masih dari pengalaman pribadi MaBro nih, perbedaan sistem operasi sangat mempengaruhi performa laptop itu sendiri, contohnya pada saat kita mentranfer data, tebukti Win10 sangat memuaskan dengan kecepatan transfer data lebih dari 40Mbps, tentu ini sangat membantu saat kita sedang terburu buru, Dengan spesifikasi hardware (perangkat keras) yang sama, Mabro juga pernah mencoba sistem operasi lainnya seperti Win8, Win7, dan WinXp. Namun performanya tidak sebaik Win10. 

6. Upgradable

Dan yang terakhir sebelum kita membeli laptop yaitu pastikan laptop yang akan kita beli Upgradable, maksudnya updradable itu adalah laptop bisa ditingkatkan secara manual dari segi spesifikasi. Kenapa harus upgradable? Yaa ini hanya untuk jaga jaga saja, misalkan kita membeli laptop bisnis, tentu spesifikasinya terbilang standar, namun jika tiba tiba kita butuh laptop dengan spesifikasi tinggi? untuk game misalnya? Tentu akan lebih baik kalau kita meningkatkan spesifikasinya ketimbang membeli laptop baru. Contohnya pada RAM, pastikan Slot tambahan agar kita bisa menambah kapasitas RAM. Seperti pada penjelasan diatas, RAM sangat mempengaruhi performa sebuah laptop.

Nah untuk itu jangan lupakan hal hal penting diatas agar kamu tidak salah membeli laptop. Dan untuk tips kali ini sepertinya cukup sampai disini, semoga bermanfaat dan bisa membantu. Terima kasih...

Sumber Referensi : LaptopMag.com , Intel.co.id ,TechRadar , NeoStore