Apa Itu Bitcoin (BTC)?

Apa Itu Bitcoin?

Bitcoin, adalah mata uang virtual atau mata uang elektronik yang saat ini menjadi salah satu media pembayaran yang sangat digemari banyak netizen terutama meraka yang sering melakukan transaksi online. Bitcoin diciptakan pada 2009 oleh seorang pria asal jepang bernama Satoshi Nakamoto. Bentuk mata uang yang satu ini tentunya bukan berupa fisik, kertas atau coin. Walaupun nama mata uang ini berakhiran kata coin, bitcoin ini hanya berupa file. Sehingga cara menyimpan bitcoin pun tidak memakan ruang fisik. Seperti umumnya file file yang ada dikomputer, bitcoin bisa disimpan di USB Drive, atau Bitcoin Wallet/Cloud Wallet (Dompet khusus untuk menyimpan bitcoin).

Baca juga : Blockchain.info - Media Penyimpanan Bitcoin Terbaik (Bitcoin Wallet)

Bitcoin terdiri dari pecahan yang sudah di enkripsi oleh algoritma tertentu yang akhirnya menjadikan setiap bitcoin berbeda satu sama lain. Jika diingat, mungkin hal ini sama seperti uang kertas rupiah yang memiliki nomor seri yang berbeda beda pada setiap lembarnya, itu sebabnya bitcoin memiliki nilai jual dan menjadi salah satu media pembayaran online.

Meski begitu, ada beberapa negara yang tidak mendukung dan tidak menerima keberadaan bitcoin karena menganggap bitcoin bukanlah mata uang yang aman dan khawatir bahwa bitcoin akan merusak perkembangan dalam bertransaksi online. Namun tetap saja, dibanding yang tidak mendukung, lebih banyak orang senang dengan mata uang yang satu ini karna sifatnya yang simple dan ringkas. Akhirnya, bitcoin pun berkembang pesat dengan adanya situs situs jual - beli bitcoin, selain itu dibeberapa negara sudah banyak yang menerima pembayaran dengan bitcoin, seperti pembelian voucher game, pembayaran untuk akun premium bahkan pembelian barang - barang elektronik.

Bitcoin dianggap seperti bahan nilai tukar yang lebih baik dari emas, sifat bitcoin bukanlah sebuah benda yang bisa diciptakan seenaknya dan sembarangan. Bitcoin hanya diciptakan sebanyak 21 juta unit, dan untuk mendapatkannya harus ditambang. Itu sebabnya saat ini banyak orang - orang yang berprofesi sebagai Bitcoin Miner (Penambang Bitcoin).

Demikian penjelasan singkat tentang bitcoin, semoga artikel ini bermanfaat...
Jangan lupa yaa berlangganan via email supaya kamu bisa update informasi/postingan terbaru dari MalesBrowsing. Sekian dari saya, terima kasih atas kunjungannya

Artikel lainnya :