Ada yang punya masalah dengan page speed atau loading halaman blog? Kebetulan kali ini saya mau share bagaimana cara melihat dan menganalisa kecepatan dalam memuat sebuah halaman blog maupun website. Kecepatan halaman tentunya sangat berpengaruh untuk reputasi sebuah situs. Apa pengaruhnya? Diantaranya yaitu mempengaruhi jumlah visitor, kenapa tidak? Visitor atau pengunjung tentunya harus diberikan kenyamanan saat berselancar di situs yang kita miliki, dan tentunya agar pengunjung nyaman adalah membuat situs kita lebih cepat saat memuat sebuah halaman (loading page).
Baca Juga : Kumpulan Meta Tag SEO Killer 2017 - All In One SEO Pack Blogger
Mungkin kamu juga salah satu orang sudah sadar bahwa situs yang kamu miliki sangat lambat alias lola. Namun, apakah kamu tau apa penyebabnya? Apa kamu tau yang harus diperbaiki? Nah, untuk mengatasi hal ini tentunya kamu perlu sebuah mesin/aplikasi untuk menganalisa penyebabnya. Karena gak mungkin dong kamu nanya ke guru SMA atau Dosen yang super sibuk untuk ngurusin situs kamu. Tapi jangan khawatir, beberapa situs yang menyediakan aplikasi ini sudah cukup menjamur di internet, salah satunya adalah GTmetrix. Untuk  cara penggunaannya kamu bisa ikuti langkah - langkah dibawah ini

1. Kunjungi situs GTmetrix
2. Masukkan URL blog/situs kamu lalu klik tombol Analyze.



3. Langkah selanjutnya biarkan GTmetrix melakukan analisa pada situs yang kamu masukkan, jika proses sudah selesai maka akan muncul hasil laporan kecepatan situsmu, contohnya seperti ini.


4. Situs yang ideal atau cukup memenuhi syarat dalam kecepatan mininal paling tidak harus memiliki nilai PageSpeed Score sebesar 70% dan YSlow Score sebesar 68%, namun itu hanya idealnya saja ya. Akan lebih bagus jika blog atau situs kamu memiliki skor yang lebih tinggi. Tapi bagaimana kalo skor kamu lebih rendah?
5. Scroll kebawah untuk melihat rekomendasi apa yang harus diperbaiki.


6. Untuk mendapatkan hasil skor yang tinggi, kamu harus melakukan satu persatu rekomendasi yang diberikan oleh GTmetrix.
Kilas Tips : Faktor yang paling umum jika blog kamu terasa sangat lambat dan kamu sama sekali belum paham cara mengatasinya, silahkan coba mulai mengkompress (memperkecil resolusi dan ukuran) gambar - gambar yang ada diblogmu, kamu bisa menggunakan Image Optimizer/Adobe Photoshop.
Untuk tutorial kali ini saya rasa cukup sekian, semoga tutorial ini bisa membantu dan bermanfaat. Terima kasih...

Artikel lainnya :